Thursday 22 February 2007

Schweinebraten mit Blumenkohl Soße

Photobucket - Video and Image Hosting Menu ini adalah hasil dari coba-coba tapi rasanya sudah terbukti enak (dan juga terjamin keselamatannya - buktinya aku masih sehat walafiat kan hehehe). Schweinebraten adalah makanan khas Jerman bagian selatan (Bayern). Sebenarnya saus-nya tidak bening begini tapi agak coklat. Berhubung Steffen masih dalam program diet gula tapi masih ada persedian "Schweine" (babi), jadinya aku coba buat menu yang sama dengan saus yang berbeda. Oh ya bagi mereka yang mau ikutan coba-coba tapi tidak makan babi, dagingnya boleh kok diganti dengan daging sapi atau ayam. Tidak ada larangan dan rasanya juga pasti sama enaknya. So, es geht los...

Bahan:
Filet babi/ayam/sapi, ditusuk-tusuk dengan garpu
2 sdm minyak goreng
100 gr butter
1 bh bawang bombay, diiris memanjang
1 siung bawang putih, diiris kecil
1/2 Zitrone, ambil airnya
1 bh Paprika, potong dadu
Kembang kol, banyaknya sesuai selera
0.5 liter air kaldu dari sayuran (wortel, seledri, daun bawang, dan peterseli)
garam dan merica

Cara:
Panaskan minyak di panci. Tumis bawang bombay dan bawang putih. Kecilkan api dan masukkan filet. Jangan terlalu lama, kira-kira 15 menit atau sampai daging berubah warna, kemudian angkat semua daging. Pisahkan. Masukkan butter kedalam sisa minyak dan bawang-bawangan. Besarkan api sedikit dan masukkan air kaldu. Setelah agak mendidih, kecilkan api dan masukkan kembali daging. Masukkan paprika dan air Zitrone. Tutup panci dan biarkan selama 45 menit. Ingat, jangan gunakan api besar. Hanya digodok dengan api kecil. Setelah 45 menit, masukkan kembang kol, dan biarkan lagi selama 15 menit atau sampai kembang kol matang. Tambahkan garam dan merica sesuai selera. Setelah kembang kol matang angkat daging dan siramkan saus dengan kembang kol. Makanan ini bisa dihidangkan juga dengan nasi tapi kalau di Jerman sini jodohnya sama kentang rebus hehehe. Happy cooking! Viel Erfolg!

1 comment:

Ninis said...

Hmmmmm ... keliatannya enak :P

Loh, foodsicknya bukannya ama Sate Ayam/Kambing? Gado2? Ayam goreng kremes? Ikan bakar sambal dabu2? Gurame? Cumi2 Bakar? Soto Sulung? Soto Ayam? Gudeg? Semur? Rendang? Urap2? Sayur Asem? Bakwan Jagung?
*Bwakakakak ... sempet amat aku bikin list makanan?!*

Kok masaknya Schweinebraten, Nte?? :P

Hahahaha :))

Muach muach Nte ... :-* :x
Luv u ... Hihihi :D