Tuesday 28 February 2006

Dresden Now and Then


The bombing of Dresden by the British Royal Air Force (RAF) and the United States Army Air Force (USAAF) between February 13 and February 15, 1945 remains one of the more controversial events of World War II.

old dresden

Historian Frederick Taylor says:
"The destruction of Dresden has an epically tragic quality to it. It was a wonderfully beautiful city and a symbol of baroque humanism and all that was best in Germany. It also contained all of the worst from Germany during the Nazi period. In that sense it is an absolutely exemplary tragedy for the horrors of 20th Century warfare…"[1]


"Dresden Bombing Is To Be Regretted Enormously"

The Feb. 13, 1945 bombing of Dresden by the British Royal Air Force has become a symbol for excessive, gratuitous violence on the part of the Allies during World War II. (Spiegel)

_40820895_zwinger-ap-compAt Zwinger

Sudah beberapa minggu yang lalu saya mengunjungi kota ini dan memang saya belum terpikir untuk bercerita tentang perjalanan saya. Karena memang menurut saya perjalanannya terbilang biasa saja. Mungkin juga karena waktu itu cuaca tidak mendukung. Selama berputar keliling kota ini hanya udara dingin yang menusuk yang bisa saya rasa. Tapi barusan saja saya baca sebuah artikel di majalah "Geo" dalam bahasa Jerman, walaupun saya tidak mengerti sepenuhnya dan berbekal kamus bahasa Jerman milik seorang teman saya, Utik, saya merinding dibuatnya.
_40820893_angel-ap-comp
Sungguh sulit dibayangkan bahwa dulunya kota ini luluh lantak oleh bom pada tanggal 14 Februari 1945. Memang waktu itu salah seorang teman saya di sini mencoba menjelaskan bagaimana bangunan-bangunan yang saya kunjungi itu dibangun kembali dengan fondasi yang baru tapi tetap dengan arsitektur lama, dan dia juga menunjukkan bekas-bekas peluru maupun bom yang masih terdapat pada bangunan lama. Memang susah bila dijelaskan dengan kata-kata, tapi memang kota ini merupakan bukti dari kejamnya perang pada waktu itu. Bagaimana kota ini penuh dengan mayat dan hampir rata dengan tanah.
_40820881_church-ap-comp
Saya sertakan beberapa foto yang berhasil saya dapat dari sekedar mencari di situs-situs yang berkaitan, sekedar untuk membandingkan keadaan kota Dresden dulu dan sekarang. Teman-teman bisa lihat bagaimana usaha bangsa ini membangun kembali reruntuhan kota hingga terlihat indah seperti sekarang. Mungkin juga cerita semacam ini bisa dijumpai dari kota korban perang lainnya seperti Hiroshima - Nagasaki?
Dresden NowDresden Now

No comments: