Friday 11 May 2007

Sumpah deh aku orang Indonesia!

Postinganku kali ini rasanya si tepat kalau mau dibilang jeritan hati hehehe. Aku juga tidak tahu sebenarnya apa yang salah sama "appearance"-ku. Selama di Jerman sini orang sering banget salah menebak asal negaraku. Tapi kayaknya emang masalahku ini dialami juga oleh sebagian banyak orang Indonesia di Jerman. Kalau yang putih dan sipit pasti disangka orang Cina terus kalo yang kulitnya sawo matang kayak aku gini biasanya disangka orang Philipina atau Thailand, dan yang kehitam-hitaman dikira orang Bangladesh (bener ya Pak Zaini? apa orang Kamboja?)

Ya pokoknya intinya, susah banget buat orang Indonesia untuk menunjukkan ciri-cirinya dari penampilan luar. Aku saja pernah salah kok. Ceritanya aku ketemu rombongan yang awalnya aku pikir rombongan orang Indonesia, tapi waktu aku tanya ternyata mereka dari Malaysia. Gapapa ya kalau yang ini ma tetangga sendiri ...

Tapi selama aku di Jerman, ga ada orang yang nyangka aku dari Cina, banyakan mereka nyangka aku orang Thailand atau Philipina, soalnya katanya kulitku terlalu hitam untuk ukuran orang Cina hahahaha. Sedangkan teman Indonesiaku yang lain sering disangka orang Cina karena dia memang putih dan sipit banget. Terus lagi mentang-mentang teman Indonesiaku ini bisa bahasa Cina, semua mengira kalau aku juga bisa bahasa Cina. Aku bilang di Indonesia bahasanya itu bahasa Indonesia, walaupun banyak yang bisa bahasa Cina bukan berarti semuanya harus bisa bahasa Cina. Pernah sih aku mencoba belajar bahasa mandarin tapi apa daya tidak mampu hehehehe.

Pernah juga aku minta tolong sama adikku untuk ngirimin pin bendera Indonesia, merah-putih, yang biasanya dipake kalau upacara 17 Agustusan. Terus pin ini aku sematkan di tas ranselku, tapi tetap saja semua orang nebak aku orang Thailand atau Philipina. Apa mungkin karena Indonesia kalah terkenal???


2 hari yang lalu waktu aku lagi enak-enaknya berlari-lari kecil untuk mengejar keretaku pulang ke Ingolstadt, ada ibu-ibu setengah baya yang manggil-manggil. Waktu aku berhenti dia langsung ngajak ngomong pake bahasa yang sama sekali aku tidak mengerti. Kedengarannya si seperti bahasa Thailand. Langsung saja aku bilang kalau aku tidak mengerti maksudnya dia apa dan apa dia bisa bahasa Jerman. Terus dengan masih ngos-ngosan dia bilang "entschuldigung", yang artinya maaf, dia bilang katanya aku mirip seseorang yang dia kenal. Jadi ceritanya salah orang nih. Ternyata dia bisa juga bahasa Jerman dan dia cerita kalau dia itu dari Thailand. Aku si mikirnya berarti ada orang Thailand yang mukanya mirip plek sama aku sampai-sampai ibu itu pede banget negur aku di tengah jalan.

Yang paling parah guru kursus Jermanku malah pernah nyangka aku orang Perancis. Nah loh!!! Perancis dari segi mananya tuh. Muka total asia begini disangka bule???!! Yang error tuh benernya dia apa penampilanku ya? Hm kayaknya dia deh, soalnya cuma dia yang nyangka aku orang Perancis. Dia bilang si soalnya namaku kayak orang Perancis. Nah loh lagi deh!!! Yah aku hanya bisa pasrah karena aku memang sadar betul namaku terlalu kebarat-baratan untuk penampilan orang Asia, tapi apapun tebakan orang-orang aku selalu dangan bangga mengatakan kalau aku itu orang Indonesia.

Hidup Indonesia!!!

5 comments:

Nunung said...

iya sih, sama deh...selama disini...udah sering kali mereka pikir karena kulitku sawo matang pasti orang Philipina, nggak tahu kenapa yaaaa....

eKaNi said...

Hi carol (laah malah jd inget lagu :), klo aku malah sok dikira org Cina padahal kulit coklat gini n mata belok.Klo engga ya philipino or thai. Padahal khan dah banyak jg org Ind disini.
Salam dr r'dam.

satelite said...

carol,...kamu tuh masih mendingggg
aku tuh keturunan cina juga,... tapi kulitku juga nggak putih-putih amat,...
orang-orang di sinih sih tau lah,...aku dari endonesa,...tapi masak seh,...dikiranya aku "maid" karena kulitku nggak putih???
sebelnya lagi waktu aku udah nyetir,...orang-orang nyang sama jadi pada hormat banget ma akuw,...yikkkks dasar singaporean matreee!!

Feby said...

Car, dulu aku juga suka dikatain org Philipine. Sebel bgt, mana org philipine khan reputasinya gak bagus di UK. Klo udah getu, suka yelling back ke mreka dan blg, "I'm Indonesian, you know!!"
Klo udah getu, berasa jiwa kebangsaannya gede bgt...hehhehe

Ninis said...

Hidup!! :D Hihihi ...

Kalo pengalamanku sih ditanya darimana gitu ... pas tak jawab "Indonesien", pasti dengernya "Tunesien" ... wahahaha :)) Itu udah berkali2 :P