Tuesday 29 May 2007

Cerita Pfingstmontag

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketDisini hari Senin kemarin merupakan hari libur nasional. Namanya Pfingstmontag. Liburan ini berhubungan dengan hari keagamaan dan sebenarnya dirayakan hari Minggunya. Ga jelas juga sih kenapa di Jerman hari seninnya juga dibikin hari libur nasional. So jadinya kita punya long weekend dan buat anak-anak sekolah mereka juga ada liburan sampe 2 minggu, sedangkan aku dapet cuma 1 minggu libur. Ya ga apa-apa deh daripada tidak libur sama sekali hehehe.

Seperti sudah direncanakan jauh hari, aku sama Steffen kemarin pergi ke rumah orangtuanya (calon mertua nih ceritanya). Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketPapanya Steffen yang suruh kita datang dan mamanya disuruh masak Kaninchen yang kalo di Indonesia namanya kelinci. Jadi kemarin aku sudah sampai di rumah camer sekitar jam 10 pagi. Memang lebih awal dari biasanya soalnya Steffen mau urus surat-surat pajaknya. Pas datang mamanya lagi siapin tart strawberry sedangkan si kelinci malang sudah tergolek di dalam oven. Papanya Steffen lagi sibuk utak atik laptopnya di ruang tamu. Hari itu aku memang sengaja bikin surprise bawa sate. Aku buatnya tidak banyak-banyak, cuma 50 tusuk,sekedar percobaan, takutnya kan kalau camer ga suka. Soalnya Steffen sendiri suka cerewet soal makanan (sekarang aja mendingan ga terlalu rewel hehehe). Dan Steffen suka cerita kalau papa mamanya juga rewel soal makanan terutama papanya. Jadi hari itu aku juga agak deg-degan hehehe.

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketSempet diajarin bikin Erdbeere Torte (tart Strawberry) trus setelah itu mamanya Steffen sibuk ngurus dokumen-dokumen dan billingnya Steffen tahun lalu. Di Jerman sini semuanya wajib melaporkan pemasukkan dan pengeluaran setiap tahun. Hal ini berkenaan dengan melaporkan berapa banyak orang itu membayar pajak tiap tahunnya, dan juga memungkinkan bagi orang tersebut untuk mendapatkan kembali uang yang sudah dia bayar untuk pajaknya. Misalnya Steffen, setelah dihitung-hitung ternyata dia dapat uang kembali sekitar 200 Euro, itu dari kelebihan uang pajak asuransinya. Ya kan lumayan...siapa tahu buat aku hehehehehe.

Jam makan siang tiba dan Katrin, adiknya Steffen, datang. Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketAku bantu membereskan meja dan menyiapkan piring-piring. Si kelinci malang pun dikeluarkan dari oven. Ya maafkan saya telah memakan binatang yang nan lucu itu. Kelinci adalah makanan kesukaannya Steffen. Dari dulu dia selalu cerita kalau waktu Natal mamanya pasti masak kelinci, dan aku cuma bisa membayangkan ganasnya mereka memakan hewan lucu itu. Tapi kemarin akhirnya aku merasakannya sendiri, dan bolak balik Katrin ngledekin aku...enak kan?? gitu tanyanya. Hmmm memang enak banget deh, dan untungnya bentuknya udah tidak rupa kelinci lagi tapi hampir sama seperti ayam jadi aku juga gak ngebayangin lagi deh. Kelincinya juga sepertinya ukuran jumbo. Maklum kelinci bule hehehehe, dan mamanya Steffen cerita katanya kelincinya itu dia beli di peternakan langsung, jadi itu sudah kelinci pilihan dan harganya mahal.

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketSetelah makan siang aku sempet ngobrol-ngobrol sama mamanya Steffen sama sekalian belajar ngerjain tugas-tugas perpajakan. Penasaran saja gimana mbuletnya ngerjain semua itu sampai-sampai Steffen ga ada niat buat ngerjain sendiri, bahkan mamanya yang belajar ekonomi saja sampai hampir putus asa. Ternyata oh ternyata memang mbulet dan kolom-kolomnya yang harus diisi itu buanyak buanget! Ampun deh. Sempet duduk di ruang tamu liat TV trus ketiduran soalnya hari itu cuaca mendung dan hujan, otomatis udaranya juga jadi semilir hehehehe. Gak lama ketiduran sayup sayup terdengar suara si kecil kesayanganku. Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketIya, si Eric datang sama Robert, papanya. Weekend yang lalu dia pergi sama Robert untuk menghabiskan waktu sama keluarganya Robert. Begitu liat aku langsung deh dia mengeluarkan mainannya dan ngajakin main. Walaupun males juga soalnya repot ngomong sama dia suka ga nyambung tapi kalau sudah liat mukanya dia memelas sambil bilang: Karolina, mitspielen...yang artinya: Karolina, yuk main bareng...wa aku suka ga tega hehehehe. Anak itu memang paling manis sedunia hehehe.

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketJam minum kopi pun tiba dan kita ngumpul semua di meja makan menikmati kopi hangat dan Erdbeere Torte...hmmm lecker...Aku habis 2 potong. Tidak terasa makan tartnya pake Schlagsahne atau Whipping Cream...hmmm jadi kenyang. Setelah itu Eric pun harus pulang sama Robert dan Katrin. Sayang Katrin gak bisa tinggal sampai makan malam karena dia ada urusan lain. Tapi aku janji sama dia mau mampir buat bagi dia satenya. Soalnya aku juga mau dia cobain. Makan malam kita agak telat, soalnya kita semua masih pada kekenyangan sama si kelinci dan tart. Jam 7 malam itu kita baru siap-siap dan sayangnya hujan masih turun dan udara di luar terlalu dingin buat barbeque. Jadinya sateku masuk oven deh tapi jadi juga untungnya. Sedangkan mamanya Steffen nyiapin steak buat jaga-jaga kalau papanya tidak suka sama sate hehehehe. Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketSambil nyiapin semuanya aku juga berdoa dalam hati semoga mereka cocok sama rasanya. Pokoknya aku selalu inget kata mamaku, kalau kita masak dengan gembira dan sepenuh hati pasti jadinya enak. Terus kalau masalah selera ya itu juga cocok-cocokan ya. Hasilnya mereka suka tuh. Syukurlah. Akupun lega hehehe. Bahkan papanya bolak balik bilang enak dan waktu mamanya nanyain apa mau steaknya, dia jawab enggak. Pokoknya hari itu aku seneng banget soalnya udah bisa ngenalin satu lagi masakan khas negaraku. Biar nantinya kalau mereka ke Indonesia kan juga tidak terlalu kaget sama masakannya.

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketCerita sedikit tentang calon mertuaku ya. Mereka ini walaupun tampangnya di foto kelihatan seram tapi sebenarnya baikkkkkkkk sekali. Aku sendiri sebenarnya sudah tahu mereka sejak lama, ya waktu persahabatanku sama Steffen jalan 2 tahunan gitu deh. Steffen suka cerita tentang papa mamanya. Soalnya waktu itu Steffen mau pindah ke kota lain dan memutuskan untuk tinggal sendiri. Waktu awal mau kenal sama keluarganya, jujur saja, aku takut setengah mati. Suka denger juga cerita orang-orang tentang orang Jerman yang bekas Jerman Timur, yang katanya rasis lah, yang katanya jahatlah, yang Nazi lah, soalnya memang Steffen asalnya dari Cottbus yang notabene bekas Jerman Timur. Apalagi penampilan papanya yang galak dan dingin di foto...hiiiiyyyy...(kalau mamaku suka ngledekin katanya kayak Santa Claus, tp namanya memang Klaus tuh hehehe). Terus kalau sama mamanya aku khawatir, soalnya si Steffen ini agak-agak anak mama. Saking stressnya waktu tahun lalu pertama ke rumah mereka, aku sampai jatuh di atas tumpukan salju yang sudah membeku di depan rumah mereka. Wah malu banget deh apalagi diliatin papanya Steffen. Tapi ketakutanku langsung sirna waktu mamanya Steffen meluk aku terus bilang kalau senang akhirnya ketemu sama aku. Ya kalau papanya memang butuh waktu ya, tapi malah papanya loh yang sekarang suka ngajak ngomong aku tentang masalah kursusku terus hubunganku sama Steffen. Pokoknya mereka ini orangnya simpatik sekali. Melihat mereka aku jadi semakin yakin sama hubunganku sama Steffen, karena aku melihat mereka sebagai orangtua yang baik dan aku rasa juga mereka sudah mendidik Steffen dengan baik. Mereka ini betul-betul orang yang simple dan pemikirannya ga neko-neko. Bicarapun apa adanya, jadinya cocok juga sama aku. Kalau lagi sama mereka aku juga jadi ingat sama papa mamaku. Ya semoga deh mereka juga bisa menerima aku apa adanya.

3 comments:

Unknown said...

Hiahhahah ketemu camer niyeee... Untung sukses berat yah, selamat! Lain kali bawain tahu petis dong, hihihi... gak kebayang :p

Baca ini aku jadi belajar beberapa kata Jerman, torte=tart, sahne=whipcream, hihih...

Besok disini long wiken 3 hari, disana libur juga nggak?

Eh aku blom pernah makan kelinci lho, imut sih, lucu, kacian ya, tapi enak? jadi pengen nyoba kapan2, hihihi...

Anonymous said...

nym...die Erdbeere Torte klingt gut! uebrigens, satenya pake bumbu sate apa rol?? lanjut di chat ya..

Kelinci said...

Great post.