Tuesday 4 April 2006

Sebuah Cerita

Di Jerman sini sudah mulai musim semi dan udaranya pun sudah lebih hangat, ya kira-kira sekitar 10°-15°C. Jaket tebal (thanks to Om Darman and family) yang saya bawa dari Indonesia pun sudah tidak terpakai lagi soalnya kalau dipakai suka kepanasan sendiri. Jadi belakangan ini kalau keluar-keluar saya cuma pakai pullover aja. Tapi masalahnya, kalau hujan anginnya suka kencang dan dingin juga, tapi apa boleh buat, saya sama sekali tidak berbekal jaket yang biasa ataupun jaket waterproof. Dan satu hal lagi, saya cuma bawa 2 t-shirt (kaos). Dulu waktu winter saya suka pakai kaos itu buat rangkapan. Pikir-pikir kayaknya buat musim semi ini butuh deh kaos lagi sama jaket dan sebuah payung kecil yang bisa dibawa-bawa. So, saya luangkan satu hari khusus buat shopping sekalian belanja kebutuhan sehari-hari dan untuk bahan makanan selama satu minggu.

Hm, ternyata niat mau belanja baju dan jaket susah juga ya. Kalau untuk jaket rata-rata mahal juga untuk kantong saya. Satunya bisa sampai €50 bahkan sampai €100. Jeleknya saya itu masih suka bandingin sama kurs rupiah, jadi ya terang aja harganya jadi mahal banget (itu termasuk jelek apa bagus ya??? hehehehe). Begitu pula dengan kaos, kalaupun ada yang murah biasanya ukurannya besar-besar dan jelek-jelek warnanya. Itu juga sudah didiskon tetap sekitar €10 dan kalau di-kurs ke rupiah jadi sekitar 100ribu-an. Satu tempat ke tempat lainnya saya puterin satu persatu. Mungkin ada kali sekitar 2 jam saya cuma puter-puter di bagian baju cewek padahal tempatnya tidak terlalu besar, bingung dan hampir desperate juga. Dan akhirnya sayapun memutuskan untuk tidak beli walaupun sebenarnya pengen sekali beli dan ujung-ujungnya jadi agak bete sama diri sendiri.

Saya naik satu lantai ke bagian anak-anak karena memang saya mau beliin oleh-oleh buat keponakan-keponakan saya. Begitu sampai disana saya tertarik sama bagian baju dan jaket anak-anak yang didiskon sampai €5. Modelnya bagus juga dan itu untuk anak sekitar 10-12 tahun. Saya lihat dan perhatikan, hm sepertinya pas juga di badan saya toh saya tidak terlalu besar. Saya coba pas kan ke badan saya, sampai ada ibu-ibu (baca = ibu-ibu bule) yang ngeliatin saya terheran-heran, emang ada remaja umur 12 tahun tampangnya boros kayak gini hehehe!?! Sayanya sih cuek aja dan langsung aja saya ambil satu kaos lengan panjang, satu cardigan, dan satu pullover warna biru. Hm, saya langsung ke kasir sambil senyum-senyum sendiri, dalam hati saya ngomong sendiri: "Rol Rol, enggak di Indonesia enggak di Jerman doyannya kok beli baju di tempat anak kecil hehehe. Lumayan untuk €15 saya dapat 3 baju. Tapi betapa kagetnya begitu saya sampai di kasir eh trus Mbaknya (uh serasa di Indonesia aja ya manggilnya Mbak), maksud saya Bulenya yang dikasir bilang: "neun euro, bitte" (€9). Sayapun terkaget-kaget tapi setelah saya selidiki ternyata untuk kaos dan cardigannya saya hanya bayar €2 for each . Murah banget!!! Wah saya senang banget deh. Setidaknya saya sudah ada kaos buat pergi ke Italy minggu depan, karena denger-denger di sana udaranya lebih hangat. Hm, can't wait! Dan sebelum pulang tidak lupa saya beli satu payung mungil warna biru dongker.

No comments: